Reader Comments

Beberapa Hal Yang Dicover Oleh Asuransi Pengangkutan

by Tatang Suratma (2018-03-16)


Untuk beberapa orang, sudah familiar mengenai Asuransi Pengangkutan, apalagi dalam bidang pengiriman barang. Asuransi ini menjadi kebutuhan.

Banyak orang berpikiran bahwa Pihak Pelayanan Ekpedisi akan memberikan jaminan untuk kerusakan / kecelalakan yang terjadi pada saat pengiriman barang. Namun, hal tersebut salah. Karena hal tersebut dapat di-claim sebagai Accidental. Sehingga hal tersebut yang menjadi mereka kebal akan hukum, dan tidak memiliki kewajiban untu menanggung kecelakaan atau kerusakan pada barang selama pengirimian.

Seperti fungsi asuransi lainnya, Asuransi Pengangkutan akan meng-cover bila terjadi kecelakaan atau kerusakan tiba-tiba saat pengiriman. Sehingga, tidak ada yang perlu di khawatirkan kembali. Barang – barang yang akan dikirimkan akan aman dan sudah terjamin. Perusahaan pun tidak akan rugi. Dengan alasan tersebut, maka Asuransi Pengangkutan diperlukan.

Mungkin, anda masih bingung mengenai Asuransi Pengangkutan. Oleh karena itu, kita akan membahas Beberapa Hal Yang Di-cover Oleh Asuransi Pengangkutan.

Berikut ini merupakan adalah hal- hal yang di-cover oleh Asuransi Pengangkutan :Biaya

Biaya sudah menjadi point penting pada bidang Asuransi. Tak terkecuali Asuransi Pengangkutan. Karena hal tersebut, sudah menjadi jaminan paling penting.

Dalam jaminan biaya Asuransi Pengangkutan akan menanggung kerugian General Avarage, serta biaya – biaya yang bersangkutan. Pada kerugian General Avarage, sesuai ketentuan dalam perjanjian antara anda dangan pihak Asuransi.

Menanggung Kerusakan Barang

Asuransi Pengangkutan merupakan pelayanan jasa untuk masyarakat dalam pengiriminan barang – barang. Oleh karena itu, bila selama pengiriman adanya kerusakan barang akan di-cover oleh pihak Asuransi.

Hal ini menjadi salah satu bagian terpenting, karena Pihak Ekpedisi ada tidak memiliki jaminan atau asuransi bila terjadi kerusakan saat pengiriman barang. Jadi perlu lah, kalian menggunakan Jasa Asuransi Pengangkutan untuk melindungi barang pengiriman anda.

Mengganti Rugi Kecelakaan Kesalahan 2 (dua) Belah Pihak

Asuransi ini juga mengganti kerugian pada tertanggung atas bagian barang tanggungan dibawah kontrak pengangkutan dengan klausula “Tabrakan dimana kedua pihak bersalah” dalam hubungan dengan kerugian yang ditemukan kembali seperti tersebut dalam klausul ini.

Dengan catatan, bahwa adanya persetujuan Pemilik Kapal dalam klausula untuk memberitahu bahwa Perusahaan asuransi memiliki hak atas biaya mereka sendiri, serta memiliki hak untuk mengklaim atas kepenting Tertanggung.

Demikianlah hal- hal yang di-cover Asuransi Pengangkutan. Sehingga risiko – risiko seperti Kebakaran atau Peledakan, Kapal atau Craft mengalami kandas, tenggelam dan terbalik, Alat angkut tergelicir atau keluar rel, Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi, bahkan Petir, Pembuangan atau terlemparnya barang ke laut, serta Pembongkaran barang di pelabuhan darat, dan lain sebagainya.

Untuk kalian tidak perlu khawatir. Dengan resiko – resiko yang di jamin akan membuat kalian tenang dalam proses pengiriman. Dikarenakan sudah terjamin





Creative Commons License
© USC Annenberg School for
Communication & Journalism 
Unless noted otherwise, all ITID content is licensed under a
Creative Commons Attribution-Noncommercial-Share Alike 3.0 Unported License